Hati-Hati! Stres Mengurangi Kecantikan Kamu!

Rutinitas yang padat, masalah rumah tangga, masalah pekerjaan, dan masalah yang datang dalam kehidupan kita ternyata adalah bibit-bibit penimbul stress. Stress semata-mata bukan hanya berdampak pada kesehatan, kondisi fisik, mental dan tingkah laku seseorang, namun ternyata stress sangat berbahaya bagi kaum wanita! Tingginya tingkat stress yang dialami seseorang akan memicu penuaan dini dan mengurangi kecantikan kulit.

Berikut adalah dampak yang ditimbulkan stress kepada kulit:


1. Kulit tidak bercahaya (lifeless).
Stress menyebabkan penurunan aliran darah ke seluruh tubuh. Berkurangnya aliran darah ke kulit akan membuat semakin sedikitnya jumlah nutrisi dan oksigen yang diterima kulit.  Akhirnya, kulit akan nampak pucat, kusam dan tidak bercahaya (lifeless).  Proses peremajaan kulit pun akan terhambat sehingga butuh waktu lama untuk mengembalikan kulit ke kondisi semula.

2.     Kulit menjadi tidak kencang.
Menurunnya aliran darah ke saluran pencernaan akibat stress akan menyebabkan proses pencernaan  terganggu. Akibatnya, nutrisi ke kulit dan organ tubuh lainya pun akan menurun sehingga kulit tidak lagi kencang.

3.      Menumpuknya kotoran kulit.
Stress membuat otot manusia berkontraksi secara berlebihan.  Kontraksi otot berlebihan di kulit akan menyebabkan oksigen yang mampu diserap kulit berkurang dan produk sisa pada kulit akan menumpuk dalam jumlah besar.

4.      Kulit kering dan mudah pecah.
Sistem imun tubuh menurun karena stress sehingga terjadi penurunan daya tahan tubuh dan kulit. Kulit menjadi lebih sensitive terhadap polusi dan kelembaban kulit menjadi berkurang. Tingkat kelembapan kulit yang rendah akan membuat kulit sangat kering, mudah keriput dan bisa berakibat pada premature aging.

5.      Free Radical akan meningkat, yang menyebabkan proses penuaan dini.

6.      Akibat buruk lainnya:
  • Kelenjar minyak meningkat, memudahkan timbulnya acne dan pimple.
  • Tingkat Histamin meningkat dan dapat menyebabkan hives.
  • Implamatory neuropeptido  tinggi sehingga kulit akan menjadi lebih sensitive dan mudah gatal
Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melepas kepenatan sejenak untuk menjaga kecantikanmu. Melakukan treatment spa, barangkali? :)

When health meets beauty,

House of Milk

2 komentar:

  1. aduuhh :'( saya sering galau... bahaya juga kali yah?

    BalasHapus
  2. coba untuk relaksasi supaya tidak terbawa stress :)

    BalasHapus